survei sosial care


HELLO !

i'm here again after received my 1st semester marks, and the result was.... alhamdulillah :)
i hope i'll be better in the last semester.
and that's not the main of this post.
i'll tell you about the topic which most of you've already know,

SOSIAL CARE SMA N 3 SEMARANG.

from now on, i'll divert to Indonesia language soalnya lebih nyaman pake bahasa ini. haha pembukaan mah gegayaan pake English dasar songong :P

so,
buat kalian yang belum tau apa itu sosial care,
itu semacam kegiatan sosial dari sekolah yang menugaskan siswa - siswi kelas XII SMA 3 Semarang (yang sudah terbagi dalam kelompok) untuk melakukan kerja sosial di panti - panti yang ada di Semarang & sekitarnya selama 4 hari.
yaah, istilahnya magang gitu lah tapi tanpa bayaran.
namanya juga kan kerja sosial :)

tujuannya, yang paling dominan sih buat menumbuhkan jiwa sosial di dalam pribadi masing - masing, ato saya bilangnya sih belajar prihatin.
ya, prihatin itu penting banget lho, terutama buat kita nih yang udah kelas XII,
mau ujian jangan ngoyo mulu, ayo prihatin !

tiap kelas dibagi jadi 5 kelompok yang isinya 7-8 orang,
dan ditempatin di panti - panti yang berbeda.
ada yang dapet di panti asuhan, panti rehabilitasi narkoba, panti jompo, dan panti persinggahan.

Sosial Care ini dibuat jadi 2 gelombang.
Gelombang 1 (XII.IA.1 - XII.IA.7) dari tanggal 16 - 19 Desember 2008.
Gelombang 2 (XII.IA.8 - XII.Bahasa) dari tanggal 27 - 30 Desember 2008.

saya kebetulan dapet yang gelombang 2 di Panti Asuhan Al-Mustaghfirin, daerah Bangetayu Wetan, Genuk. (jauhnya gilaaaa.. )
jadi langsung aja, saya bersama kelompok saya yang gila semua itu bermaksud survei ke panti itu habis terima rapor kemarin (19/12)
niatnya mau berangkat jam setengah 8 malah molor sampe jam 9.
kebiasaan orang Indonesia, haha

jadilah kelompok saya yang terdiri dari :

saya
ovi
sempuk
enyik
fajar wahyu
fajar fitrianto
ajie
hariz

berangkat sama - sama, nebeng - nebengan, dan ternyata, gila, kok beneran jauh amat ya pantinya ?
saya aja sampe pegel padahal cuma bonceng, apalagi yang ngendarain ?
sekitar 40 menit kemudian kita sampe setelah blusuk - blusuk nyari jalan.
dan... oh.
bangunan pantinya itu belum jadi, masih tahap bangunan gitu.
trus ada mas nya yang mau nemenin kita semua berhubung pengelola pantinya lagi nggak ada di tempat.
mulailah kita berkeliling panti sambil nanya - nanya gitu,
...dan dimulailah kebodohan saya.

pertama ke asrama cewek yang cuma terdiri dari 6 kamar, saya kenalan sama satu cewek namanya Zulaika,

" halo, saya sasri dari sma 3. mbaknya ? "
" zulaika. oo mau disini juga ya mbak ? "
" iya mulai minggu depan. "
" oh mbak, bisa bantu nggak bawa ember, saya mau jemur di atas. "
" oh oke. "

jadi saya dan cewek - cewek ikut ke atas,
begitu mau naik tangga, saya ga liat ada papan di atas kepala dan

'DUKKK !!'

kejedot. keras. banget.

" aduh mbaknyaa ! "
" oh ga papa mbak, gapapa, ga sakit. "

sumpah salting abis. malu jadi sok - sokan ga sakit padahal senut - senut.
malah sempuk bilang,

" maklum mbak, nggak kelihatan dia. "

sial.

berikutnya, kita ke asrama cowok.
disana saya kenalan lagi sama salah satu anak disitu.

" halo, saya sasri dari sma 3, kamu ? " (ngajak salaman)
" mahfi. "
" oo kelas berapa mahfi ? "
" 3. "
" oo, 3 SD ya ? "

tiba - tiba si Mahfi narik tangannya dari salaman trus masuk ke kamar dan pintunya ditutup.

'BLAM !'

saya bingung.
terus pundak saya ditepuk sama masnya, sambil ketawa dia bilang,

" mbak, yang tadi itu kelas 3 SMP, bukan SD. "
" oh ! "

buset dah. pasti tersinggung, huee ya maaf mana saya tauuuu.
akibat dari SKSD dan caper yang berlebihan ya kaya gini ini nih !

kita lanjut liat - liat bangunan sama diceritain sejarah panti,
tiba - tiba istri pengelola panti dateng, diajakin ngobrol deh.
sebelumnya ibu panti cerita gini,

" disini itu kadang air nya susah. kadang kalo minum langsung dari keran soalnya kalo ngerebus air kelamaan. tapi, kalo ada tamu misal kaya mbak/masnya ini ya pertama pasti saya suguhkan air. nggak peduli kaya atau miskin karena menjamu tamu itu kan mulia. ya kan mbak/mas ? "
" iya bu."

terus dateng masnya, ngasi kita aqua gelas satu - satu.
saya, yang habis denger cerita ibunya tentang kesusahan air jadi rada pekewuh,
nggak enak aja kita disuguhin aqua padahal...
saya bilang aja,
" aduh mas nggak usah repot - repot.. "

dan jawabannya sanggat menggondokkan pemirsa,

(noleh)
" biasa wae. "

TANGGG !
anak - anak langsung ngetawain kebodohan saya,
yaa saya maksudnya simpati tapi huee malah digondukin.
mulai saat itu saya hati - hati kalo ngomong ah. haha

oh ya ada satu lagi,
disela - sela ibu panti cerita,
saya nggak sengaja denger celotehan anak pantinya yang ngeliatin kita gini,

" hoi ! mbak e ayu rak ? "
( maksudnya ' mbaknya cantik nggak ? ' )

dengan tegas dan lantang, salah seorang anak jawab :
" RAK ! "
( maksudnya : 'NGGAK !' )

JLEBBB.
tertohok hati kami para wanita mendengar jawaban itu.
yang cowok ? ketawa ngakak.

yaaaah begitulah.
jadi nggak sabar buat sosial care,
kelompoknya udah enak walopun agak gila, pantinya juga kayaknya bakal seru.
aaa, i can't wait for next week !

wait for the first day we're there ! :D

p.s. buat yang uda pada sosial care, cerita - cerita dong gimana pengalamannya. hehe

0 comment(s):